Text
Hubungan antara iklim sekolah dan dukungan sosial teman sebaya terhadap keterlibatan siswa dalam belajar pada siswa di MTs. Islamiyyah Bannat Senori Tuban
Keterlibatan siswa adalah konstruk multidomensional yang meliputi tiga aspek yaitu, emosi, perilaku dan kognitif yang dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran keterlibatan siswa dalam belajar sangat penting karena akan berdampak pada tinggi rendahnya prestasi belajar siswa. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi keterlibatan siswa dalam belajar adalah iklim sekolah. Iklim sekolah adalah suatu konstruk yang kompleks dan multidimentional yang meliputi atmosfir, budaya, nilai, sumber daya, dan jaringan sosial dari sebuah sekolah. Disamping itu, keterlibatan siswa dalam belajar juga dipengaruhi oleh dukungan sosial teman sebaya. Dukungan sosial teman sebaya adalah sosial yang mengacu kepada teman sebaya yang memberikan pengaruh positif sehingga individu tersebut memiliki kepercayaan diri yang kuat karena merasa dicintai, diperhatikan dan merasa semangat untuk terlibat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah hubungan antara iklim sekolah dengan keterlibatan siswa dalam belajar, 2) Adakah hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan keterlibatan siswa dalam belajar, dan 3) Adakah hubungan antara iklim sekolah dan dukungan sosial teman sebaya terhadap keterlibatan siswa dalam belajar.
Populasi penelitian ini adalah 444 siswa MTs Islamiyyah Banat Senori Tuban. Dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 siswa, dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen varibel iklim sekolah dalam penelitian ini disusun berdasarkan teori Cohen, dukungan sosial disusun berdasarkan teori House dan keterlibatan siswa disusun berdasarkan teori Fredrick. Analisis data menggunakan uji korelasi berganda, untuk melihat hubungan antara tiga atau lebih variabel.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, 1) Terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada siswa dengan nilai pearson correlation sebesar 0,655 dan memberikan kontribusi 43%, 2) Terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan siswa dalam belajar pada dengan nilai pearson correlation sebesar 0,556 dan memberikan kontribusi sebesar 30,9%, dan 3) Terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan dukungan sosial teman sebaya dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada siswa dengan nilai R pada koefisien determinasi sebesar 0,668 dan memberikan kontribusi sebesar 44,6%
Tidak tersedia versi lain