Text
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada farmasi Puskesmas Badas Kabupaten Kediri)
Kualitas pelayanan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan sama atau melebihi harapan. Ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan pasien. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasienpada Farmasi Puskesmas Badas Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, instrument dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden dalam penelitian. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Farmasi Puskesmas Badas yang berkunjung ke Puskesmas Badas Kabupaten Kediri Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Samplin dan sampel penelitian ini diambil dengan cara mengikuti ketentuan yang dikemukakan oleh Isaacdan Michael,, maka peneliti mengambil sampel pasien Farmasi Puskesmas Badas sebanyak 349 orang. Data diolah menggunakan analisis deskriptif data, uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y 24,387+ 0,652X. Jika variabel kualitas pelayanan naik satu satuan maka kepuasan pasien akan naik sebesar 0,469. Menurut hasil uji T diketahui bahwa nilai signifikansi t (0,000
Tidak tersedia versi lain