Text
Pelestarian lingkungan hidup melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri
Salah satu bentuk upaya untuk menanamkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan guna mencegah kerusakan dapat dilakukan melalui pendidikan. Khususnya Pendidikan Agama Islam, karena jelas melalui ayat-ayat- Nya Allah sudah memerintahkan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pendidikan Agama Islam memiliki potensi yang kuat untuk melakukan pelestarian lingkungan. Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri. Dengan fokus penelitian: (1) Pembelajaran pelestarian hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri yang meliputi, kurikulum, tujuan, strategi dan evaluasi. (2) Kegiatan pelestarian
lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Pembelajaran pelestarian lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri yang meliputi: (a) Kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 4 Kediri dalam pelestarian lingkungan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurikulum nasional. (b) Tujuan pembelajaran pelestarian lingkungan hidup melalui Pendidikan Agama Isam yaitu penyadaran dan pemahaman pentingnya pelestarian lingkungan hidup sesuai dengan materi PAI yang sedang diajarkan agar anak dapat senantiasa menjaga kebersihan. (c) Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu cooperative learning melalui google classroom. (d) Kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan tes formatif. (2) Kegiatan Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kediri yaitu melalui kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, yang terdiri dari visi, misi dan tujuan SMP Negeri 4 Kediri, struktur kurikulum, rencana kegiatan dan anggaran. Kemudian kegiatan berbasis partisipatif yang terdiri dari keteladanan Bapak dan Ibu guru, adanya program-program pelestarian lingkungan, dan menjalin kemitraan dengan pihak lain. Selanjutnya yaitu adanya pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.
Tidak tersedia versi lain