Text
Entrepreneurship dalam Surah Quraisy: aplikasi pendekatan Ma'na-cum-Maghza
Surah Quraisy menjelaskan kenikmatan Allah yang dianugerahakan kepada suku Quraisy. Membuktikan dan menyatukan mereka suku Quraisy dengan kasih sayang dan kekuatan Allah sebagaimana disebutkan succes story mereka dalam hal niaga. Hal ini menunjukkan bahwa banyak sekali pelajaran berharga yang dapat kita gali dari succes story mereka dalam berbisnis. Sehingga fokus penelitian tesis ini mengetahui strategi bisnis yang mereka lakukan dan mengali tafsir surah Quraisy. Dengan harapan penulis dan pembaca dapat mengerti sejarah dibalik kasih sayang yang Allah berikan kepada suku Quraisy. Maka hasilnya dapat kita percaya dan dapat dipraktekkan dalam keidupan sehari- hari. Tujuan tesis ini menggali makna, signifikansi dan teladan dari surah Quraisy kemudian dikembangkan dan diaplikasikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mengkonsentrasikan diri pada penelitian ian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ma'na-cum-maghza. Yaitu menggali makna utama historis (Ma'na) dan pesan utama (Maghza) dan kemudian mengembangkan signifikansi teks tersebut untuk konteks kekinian dan kedisinian. Caranya dengan menganalisis bahasa, intratekstualis, konteks historis pewahyuan surah Quraisy, dan maghza al-ayah.
Sesuai penafsiran yang dilakukan ditemukan di dalam surah Quraisy terdapat pedoman entrepreneurship. Pertama, membiasakan dagang yang dihasilkan dengan latihan, didikan, tradisi secara turun-temurun yang menghasilkan pengalaman. Kedua, memelihara nama baik. Ketiga, mengadakan misi ke luar daerah. Keempat, memperhatikan situasi keadaan yang menguntungkan. Jika keempat syarat ini diperhatikan dapat menghasilkan cukup sandang pangan dan keamanan dari ketakutan. Selanjutnya di dalam surah Quraisy terdapat hikmah untuk bisa diterapkan dalam kegiatan entrepreneurship. Diantaranya pembiasaan dari kecil, pembelajaran sebagai brand equality dan master brand, ekspansi ke luar membangun network dan keahlian diplomasi serta negosiasi, market segmentatation, balance ibadah dan bisnis. tawakal, dan berani menghadapai resiko.
Tidak tersedia versi lain