Text
Implementasi integrasi materi PAI dalam ilmu-ilmu rasional di Sekolah Dasar Sekolah Alam (SD SAKA) Desa Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri
Fenomena dikotomi bidang keilmuan yakni antroposentris dan teosentris menjadi fakta sejarah. Pendidikan antroposentris penting untuk pembinaan dan kepribadian anak. Sedangkan pendidikan teosentris juga dibutuhkan untuk melengkapi pengetahuannya. Keberadaannya dianggap sebagai pelengkap, sehingga umat Islam menjadi lebih berkembang maju. Integrasi materi PAI dalam ilmu-ilmu rasional dapat menjadi tawaran model integrasi materi PAI guna membekali pengetahuan yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan konsep integrasi materi PAI dalam ilmu-ilmu rasional di Sekolah Dasar sekolah Alam Kadiri (SD SAKA). 2). Mendeskripsikan kurikulum Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar sekolah Alam Kadiri (SD SAKA). 3). Mendeskripsikan tujuan Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar sekolah Alam Kadiri (SD SAKA). 4). Mendeskripsikan strategi Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar sekolah Alam Kadiri (SD SAKA) dan 5.) Mendeskripsikan proses evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar sekolah Alam Kadiri (SD SAKA).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, guru kelas/wali kelas, dan 2 orang tua/wali murid. Analisa data menggunakan konsep Milles dan Huberman yaitu interactive model yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan yaitu kredibilitas (validitas internal), transferability eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (obyektifitas). Selain itu menggunakan 3 teknik pemeriksaan yaitu trianggulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1). Konsep integrasi materi PAI dalam ilmu-ilmu rasional di SD SAKA memakai model (Spiderweb) jaring laba- laba yang digagas oleh Amin Abdullah. 2). Kurikulum PAI di SD SAKA memakai kurikulum 2013, yang di desain lagi menjadi 4 pilar pengembangan yaitu Spiritual, Entrepreneur, Leadership, dan Saintific. Dalam perencanaan meliputi silabus, materi PAI yang diintegrasikan dalam RPP berupa mapping. 3). Tujuan Pembelajaran PAI di SD SAKA yaitu bertaqwa kepada Alloh dan sebagai bekal kehidupan di dunia dan di akhirat. 4). Strategi Pembelajaran PAI di SD SAKA yaitu strategi pembelajaran kontekstual, strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif serta menggunakan metode pembelajaran learning be doing. 5). Evaluasi Pembelajaran PAI di SD SAKA memakai 2 yaitu tes dan non test. Melalui buku penghubung (Comunication Book), buku Ibadah, tes dan Non Test yang dilaporkan dalam laporan Fortofolio.
Tidak tersedia versi lain