Text
Pemberdayaan santri dalam public relation Lembaga Ittihadul Muballighin (LMI) Pondok Pesantren Lirboyo Kediri
Sebagai bagian struktur internal pendidikan Islam Indonesia, Pondok Pesantren ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya dari segi pengetahuan dan moril, namun telah pula ikut serta memberikan yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Public relation pondok pesantren mempunyai peranan dalam mengembangkan santri nanti kalau sudah terjun di masyarakat. Pendidikan kemasyarakatan yang di lakukan pesantren aralınya bukan sekedar untuk penyiapan pengetahuan dan ketrampilan guna memasuki lapangan kerja, tetapi lebih dari itu yaitu berfungsi untuk melayani aneka ragam kebutuhan pendidikan di masyarakat
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan memahami apa tujuan pemberdayaan santri dalam public relations Lembaga Ittihadul Muballighin (LIM) pondok pesantren Lirboyo Kediri. (2) mengetahui dan memahami bagaimana bentuk pemberdayaan sautri dalam public relations Lembaga Ittihadul Muballighin (LIM) pondok pesantren Lirboyo Kediri. (3) mengetahui dan bagaimana implementasi pemberdayaan santri dalam public Lembaga Ittihadul Muballighin (LIM) pondok pesantren Lirboyo Kediri. (4) mengetahui manfaat pemberdayaan santri dalam public relations Lembaga Ittihadul Muballighin (LIM) pondok pesantren Lirboyo Kediri.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pemberdayaan santri dalam public relations Lembaga Ittihadul Muballighin (LIM) pondok pesantren Lirboyo Kediri terbagi ke dalam aspek kognisi, afeksi dan psikomotoris. Bentuk pemberdayaan santri dalam public relations terbagi pada hubungan edukasi, kultural dan institusional. Implementasi pemberdayaan santri dalam public relations mengacu kedalam tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan Evaluasi. Manfaat pemberdayaan santri dalam public relations dipandang dari peran public relations dengan terjalinnya hubungan baik untuk saling mengenal serta mampu meningkatkan loyalitas kepercayaan masyarakat terhadap pondok pesantren, jika dipandang dari fungsi public relations yaitu dengan adanya kepentingan bersama untuk terpeliharanya komunikasi yang baik antara pondok pesantren dengan masyarakat begitupun menjadikan pengalaman yang berharga untuk bekal para santri kedepannya.
Tidak tersedia versi lain