Text
Pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee (studi kasus mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri angkatan 2018)
Motivasi konsumen adalah suatu niat kecenderungan dalam diri konsumen yang membangkitkan topangan dan tindakan yang mengarahkan pada suatu tujuan untuk membuat sebuah keputusan pembelian. Keputusan pembelian adalah proses penyelesaian masalah yang terdiri dari menganalisa atau pengenalan kebutuhan dan keinginan hingga setelah pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen, keputusan pembelian, dan pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee dengan studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Tahun Angkatan 2018.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Tahun Angkatan 2018 dengan jumlah 73 mahasiswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi konsumen dan keputusan pembelian Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri memiliki tingkatan yang sedang dengan persentase 49% pada variable X dan 67% pada variable Y dari total 73 responden. Tingkatan sedang yaitu mahasiswa yang melakukan pembelian tidak kurang dari 10 kali dalam waktu 3 bulan terakhir. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel dengan dibuktikan berdasarkan nilai korelasi 0,902. Dan pengaruhnya yaitu 81,3% mempengaruhi dan 18,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain