Text
Pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian produk kurma Khalas (studi pada konsumen Toko Zaidan Kediri)
Persepsi adalah proses dimana seseorang yang dipengaruhi oleh pikiran dan lingkungan sekitar. Sedangkan keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan dimana konsumen benar-benar melakukan suatu pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan mengetahui keputusan pembelian produk Kurma Khalas di Toko Zaidan Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh persepsi dan mengetahui keputusan pembelian produk Kurma Khalas di Toko Zaidan Kediri.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang dimaksudkan untuk mencari hubungan atau pengaruh satu variabel atau lebih variabel independen dengan satu atau lebih variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Zaidan Kediri. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 96 responden, dari jumlah populasi tak terhingga.
Adapun hasil penelitian ini adalah 1) variabel persepsi konsumen Toko Zaidan Kediri termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan berdasarkan dalam 7 indikator, yaitu kinerja, pelayanan, ketahanan, keandalan, karakteristik produk, kesesuaian dengan spesifikasi, dan hasil yang diajukan dalam 20 item pertanyaan terhadap 96 responden, diperoleh dengan hasil nilai rata-rata (mean) sebesar 74,51 yang berada di antara skor 72,1635 dan 76, 8565. 2) Variabel keputusan pembelian konsumen Toko Zaidan Kediri termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan berdasarkan dalam 5 indikator, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku konsumen pascaa pembelian yang diajukan dalam 20 item pertanyaan terhadap 96 responden, diperoleh dengan hasil nilai rata-rata (mean) sebesar 79,89 yang berada di antara skor 77,914 dan 81,866. 3) Hubungan persepsi terhadap keputusan pembelian produk Kurma Khalas di Toko Zaidan Kediri adalah sangat kuat, hasil ini berdasarkan pada korelasi pearson product moment yang diperoleh hasil sebesar 0,776 terletak di antara interval 0,70 - 1,000. Analisis pada uji t menunjukkan bahwa thitung > tabel atau 11,938 > 1,98552 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X (persepsi) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) produk Kurma Khalas di Toko Zaidan Kediri. Analisis uji determinasi (R2) menunjukkan bahwa R square sebesar 0,603, artinya besarnya pengaruh variabel persepsi terhadap keputusan pembelian sebesar 60,3% sedangkan sisanya (39,7%) dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis.
Tidak tersedia versi lain