Text
Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) PG Pesantren Baru Kediri menurut perspektif ekonomi Islam
Kenyataan bahwa keberadaan perusahaan di lingkungan masyarakat terkadang membawa dampak negatif, meskipun memiliki manfaat untuk kesejahteraan dan pembangunan. Oleh sebab itu, perusahaan harus bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan perusahaan Tanggung jawab perusahaan tersebut dikenal sebagai Corporate Social Responcibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang pelaksanaannya atau keberadaannya dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap lingkungan maupun pola hidup masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk: megetahui praktik Corporate Social Responsibility PG. Pesantran Baru Kota Kediri dan mengetahui praktik Corporate Social Responsibility PG. Pesantren Baru Kota Kediri menurut perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu pengumpulan datanya diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data kemudian diuji keabsahan data melalui triangulasi data yaitu membandingkan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dengan melalui tahapan reduksi data, Penyajian data, dan kemudian ditarik menjadi sebuah kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: perencanaan CSR PG. Pesantren Baru pelaksanaan lima program, bidang program ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan infrastruktur namun dalam pengimplementasi annya banyak yang tidak sesuai, misalnya dalam bentuknya lebih sering memberikan sembako daripada mewujudkan kesehatan masyarakat Dan hasil selanjutnya, praktik Corporate Social Responsibility PG. Pesantren Baru Kota Kediri dalam perspektif Ekonomi Islam, belum memenuhi syarat sebab program yang dibuat tidak terstruktur dan tidak memiliki roadmap yang jelas, sehingga program Corporate Social Responsibility yang dilakukan hanya terkesan insidental dan menggugurkan kewajiban semata untuk memenuhi aturan perundangundangan.
Tidak tersedia versi lain