Text
Hubungan iklim sekolah dengan kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Amdadiyah Kwaden Karangrejo Ngasem Kediri
Menurut Owens iklim sekolah adalah suasana lingkungan kerja di sekolah yang dirasakan oleh warga sekolah. Iklim sekolah yang dimaksud peneliti dalam hal ini adalah iklim sekolah yang berada di MTs Amdadiyah Kwaden Karangrejo Ngasem Dan kedisiplinan belajar adalah suatu kondisi yang tercipta melalui proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan yang menunjukkan nilai- nilai ketaatan atau kepatuhan, keteraturan ketertiban, tanggung jawab. kesanggupan dan kesadaran. Dimana dalam penelitian ini kedisiplinan belajar siswa MTs Amdadiyah Kwaden Karangrejo Ngasem Kediri.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. pengambilan sempel dilakukan dengan teknik jenis simple random sampling dengan jumlah 71 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis uji korelasi product moment untuk menjelaskan kekuatan dan arah hubungan kedua variabel yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 21.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu 1) Iklim sekolah MIS Amdadiyah menunjukkan kategori yang sangat tinggi. Hal ini didasarkan pada hasil penghitungan tre skor data sebesar 37% dikategorikan tinggi dengan jumlah 26 siswa. 2) Kedisiplinan Belajar siswa MTs Amdadiyah menunjukkan kategori yang sangat tinggi. Hal ini didasarkan pada hasil penghitungan true skor data sebesar 38% dikategorikan tinggi dengan jumlah 27 siswa. 3) Terdapat hubungan positif iklim sekolah dengan Belajar siswa dengan nilai pearson correlation sebesar 0.486 yang yang artinya terdapat hubungan positif (searah) Dihasilkan adalah 0.486 yang artinya adalah termasuk Korelasi Sedang
Tidak tersedia versi lain