Text
Pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru PAI terhadap kedisplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwoasri tahun ajaran 2020/2021
Berbagai bentuk ketidakdisiplinan disekolah yang terjadi seperti membolos, tidak hadir tepat waktu dan meninggalkan bangku sekolah ketika belajar. Dan bentuk ketidakdisiplinan saat pembelajaran seperti tidak mengerjakan tugas, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan tidak mengikuti aturan yang berlaku dikelas. Hal tersebut sering terjadi di kalangan pelajar di sekolah. Pihak pengelola pendidikan akhir-akhir ini merasakan perilaku negatif dari siswa yang telah diuraikan penulis. Ketidaksisiplinan ini ada kaitannya dengan komunikasi interpersonal guru PAI karena dalam komunikasi interpersonal guru ini penting untuk kedisiplinan siswa, karena guru memilki peran penting terlebih guru Pendidikan Agama Islam yang mengarahkan pembentukan kepribadian siswa sehingga ada kaitannya dengan kesisiplinan siswa disekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru PAI terhadap kedisiplinan siswa VIII di SMP Negeri 2 Purwoasri tahun ajaran 2020/2021.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purwoasri yaitu berjumlah 230 siswa. Peneliti mengambil sampel dengan rumus slovin sejumlah 146 siswa.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa komunikasi interpersonal guru PAI tergolong sedang dengan nilai rata-rata 47,9247 dan hasil yang didapat bahwa persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru PAI dalam kategori sedang karena prosentasinya sebesar 74,5% sedangkan kedisiplinan siswa tergolong sedang dengan nilai rata-rata 31.0137 dan hasil yang didapat bahwa kedisiplinan prosentasinya sebesar 69,8%. Dan pengaruh persepsi siswa pada komunikasi interpersonal guru PAI terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwoasri tahun ajaran 2020/2021 sebesar 26,0%, sedangkan sisanya sebesar 74,0% dipengaruhi faktor-faktor lain diluar variabel X.
Tidak tersedia versi lain