Text
Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII unggulan pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Kediri
Dalam proses pembelajaran, perlu adanya dorongan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. Dalam Penelitian Aspek motivasi belajar siswa yang akan diukur terkait dengan hasil belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII Unggulan pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penlitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional, dengan populasinya adalah siswa kelas VII Unggulan MTsN 3 Kediri berjumlah 96 anak yang tersebar kedalam tiga kelas yakni kelas VII A, VII B, dan VII C dengan Sampel sebanyak 77 siswa. Jenis tekhnik pengambilan sampel menggunakan jenis Random Sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis data korelasional dengan menggunakan jenis regresi linier sederhana.
hasil yang telah dilakukan, Menunjukkan hasil bahwa Tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII Unggulan mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Kediri, dengan menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,209 > 0,05 dengan nilai R square sebesar 0,021 dan jika diprosentasikan jumlah kontribusi sebesar 2,1 %, karena rendahnya tingkat pengaruh dari hasil uji analisis yang dilakukan maka motivasi belajar tidak dikatakan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.
Tidak tersedia versi lain