Text
Pengaruh media e-learning dan google classroom terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Srengat
Media pembelajaran termasuk faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika media pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran daring dapat menarik perhatian peserta didik, maka dapat meningkatkan minat belajar yang tinggi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Srengat; 2) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Srengat; 3) mengetahui pengaruh media pembelajaran e- learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Srengat; 4) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Srengat; 5) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning dan google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Srengat
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Srengat yang berjumlah 319 siswa dengan sampel sebanyak 159 siswa menggunakan teknik random sampling. Analisis data statistik menggunakan regresi linear ganda dengan bantuan program IBM SPSS for windows (Statistic for Social Science) Statistic versi 25.
Hasil ini menunjukkan: 1) Hasil tanggapan peserta didik mengenai pemanfaatan media pembelajaran e-learning termasuk dalam rentang kategori sangat setuju, 2) Hasil tanggapan peserta didik mengenai pemanfaatan media pembelajaran google classroom memiliki termasuk dalam rentang kategori netral; 3) Pengaruh media e-learning terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas sebesar 2,3%; 4) Pengaruh media google classroom terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII sebesar 1,1%, 5) Pengaruh media e-learning (X) dan google classroom (X2) terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII sebesar 1,3%
Tidak tersedia versi lain