Text
Pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk anak ADHD di SLB YPABK Ananda Putra Mandiri Kec. Mojoroto Kota Kediri 2020/2021
Penelitian ini berjudul "METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK ADHD DI SLB YPABK ANANDA PUTRA MANDIRI, KEC. MOJOROTO KOTA KEDIRI 2020/2021, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri,". Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam untuk anak ADHD di SLB YPABK ANANDA PUTRA MANDIRI Kec. Mojoroto, Kota Kediri?
Subjek penelitian sebanyak 2 guru Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Triangulasi, pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu.
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kondisi pembelajaran Pendidikan Islam sudah baik, guru melakukan persiapan menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan sumber belajar. menggunakan metode seperti metode pembiasaan dan demontrasi, materi meliputi lks, buku paket, media pembelajaran yang digunkan berupa media papan tulis dan media visual dan sebagai bahan evaluasi diantaranya ulangan harian, uts, uas dan tugas. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam sudah baik seperti guru pendidikan agama islam menyusun tujuan pembelajaran, menyusun tujuan operasional menyusun instruksional, menyusun metode dan strategi pembelajaran, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa, konteks, alur, rasa ingin tahu akan materi, pengulangan materi dan menggunakan sumber lain, pehatian, sikap. tugas, masuk siswa dan menyesuaikan soal dengan materi, menyelesaikan tugas tepat waktu, teman belajar, menyesuaikan diri, memberikan pelayanan sesuai kemampuan siswa, UAS, UTS, tugas, absensi siswa. Adapun faktor pendukung antara lain Ada ruang belajar, mengenal karakter siswa, pengawasan, ada buku terkait anak berkebutuhan khusus. Sedangkan faktor penghambat diantaranya Anak sulit diatur, teman sebaya, kurang fokus pada kegiatan belajar mengajar, sarana prasarana kurang memadai, keramaian anak di kelas.
Tidak tersedia versi lain