Text
Strategi guru akidah akhlak dalam mengevaluasi proses dan hasi belajar siswa pada mata pelajaran akhidah akhlak di MTs. Miftahul Ulum Centong Kediri
Dalam dunia pendidikan pasti ada proses dan hasil belajar, seorang pendidik mempunyai kewajiban untuk mengevaluasi dalam proses belajarnya siswa dan hasil belajarnya siswa, agar siswa tersebut mau belajar dengan sungguh-sungguh dan lebih giat lagi untuk belajar bagi siswa yang mempunyai kecerdasan yang rendah, sedang, maupun tinggi. Pendidik tidak hanya mengevaluasi siswa yang mempunyai kecerdasan tinggi saja. Tetapi semua siswa yang harus di evaluasi, agar pendidik tau sejauh mana siswa menangkap materi yang telah diberikan seorang pendidik. Sehingga rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengevaluasi proses belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Miftahul Ulum Centong Kediri, bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengevaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Miftahul Ulum Centong Kediri, Faktor apa yang menghambat dan mendukung guru dalam mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Ulum Centong Kediri.
Penelitian ini penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTs Miftahul Ulum Centong Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara Satu, melakukan reduksi data (mengolah data). Dua, menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan. Tiga, menyimpulkan data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang penelitian, pengecekan keabsahan data dan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan: (1) strategi yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam mengevaluasi proses belajar siswa yaitu melakukan perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan evaluasi proses belajar (2) strategi yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengevaluasi hasil belajar siswa yaitu mengadakan ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester (3) Faktor yang menghambat dan mendukung guru dalam mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa, faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kemampuan pemahaman siswa terhadap pelajaran berbeda-beda, dan faktor sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kemampuan intelegensi, motivasi dari diri siswa peningkatan prosfesionalisme guru, MGMP dan KKG, administrasi pelaksanan pembelajaran akidah akhlak yang lengkap, pengetahuan guru, pengalaman guru, pendidikan guru, fasilitas, biaya, waktu, dan kurikulum
Tidak tersedia versi lain