Text
Penerapan metode jet tempur dalam meningkatkan kemampuan baca al-Qur`an siswa di SMPN 6 Kota Kediri
Al-Qur'an merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai petunjuk bagi umat manusia dan juga menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Membaca Al-Qur'an adalah ibadah yang diberi pahala oleh Allah SWT. disetiap hurufnya kepada pembacanya jika cara membacanya benar serta mengikuti hukum tajwid yang baik dan benar karena jika salah dalam mengucapkan hurufnya maka sudah berubah arti atau maknanya dari bacaan Al-Qura'an yang kita baca. Didalam mempelajari cara membaca al-Quran yang baik dan benar terdapat banyak sekali metode salah satunya metode yang di terapkan di SMPN 6 Kediri metode tersebut adalah Jet Tempur, metode Jet Tempur yang dibuat oleh KH Maftuh Basthul Birri yang disusun untuk mempermudah belajar mengajar Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Mengapa untuk meningkatkan kemampuan baca menggunakan metode Jet Tempur (2) Bagaimana penerapan metode Jet Tempur di SMPN 6 Kota Kediri (3) Apa faktor pendukung dan penghambat metode Jet Tempur
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif. penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci peneliti itu sendiri. Jenis pendekatan yang digunakan peneliti merupakan pendekatan deskriptif kualitatif teknik yang digunakan dipenelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan Guru PAI, Guru Btq. Waka Kurikulum, dan siswa SMPN 6 Kota Kediri, dan mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan menyimpulkan bahwasanya metode Jet Tempur di SMPN 6 Kota Kediri yang diberikan kepada para siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca karena dimetode ini yang menjadi tujuan utama yaitu menekankan pada tajwidnya secara baik dan benar juga menekankan pada hafalannya hal ini dinilai mampu meningkatkan kemampuan baca siswa karena dengan siswa menghafal siswa menjadi sering mengulang bacaan ayat-ayat yang dia hafal, sehingga secara tidak langsung siswa menjadi berlatih membaca Al-Qur'an, walaupun masih ditemukan beberapa hambatan dalam melakukan kegiatan ini khususnya pada segi waktu yang alokasi waktunya diberikan dijam terakhir namun semua dapat diatasi oleh guru berkat kerja sama baik dengan pihak sekolah.
Tidak tersedia versi lain