Text
Apresiasi sastra Indonesia
Kemampuan olah pikir, olah rasa, dan olah raga, membutuhkan teori-teori, membutuhkan pendekatan-pendekatan, dan terlebih membutuhkan latihan-latihan. Hal tersebut diperoleh melalui membaca sejumlah referensi, baik yang ditulis dalam bahasa global, maupun dalam bahasa Indonesia. Sudah banyak buku-buku referensi yang telah ditulis para pakar, namun belum banyak atau masih kurang buku referensi yang bersifat kontekstual sesuai kebutuhan di Indonesia. Referensi yang ada juga masih terpisahlah, belum secara utuh menampilkan apresiasi untuk semua jenis karya sastra. Untuk memenuhi kelangkaan kebutuhan tersebut, maka buku ini ditulis. Dalam buku ini juga dipaparkan beberapa puisi karya penulis. Buku ini memaparkan teknik-teknik mengasah kemampuan-kemampuan tersebut. Hal inilah yang membedakan dengan buku-buku lain yang telah beredar di pasaran. Buku ini dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama menguraikan hakikat apresiasi secara umum, apresiasi puisi, apresiasi prosa, dan apresiasi drama, serta latihan-latihan mengapresiasi karya sastra, bahkan memproduksi karya sastra. Selanjutnya pada bagian kedua dikemukakan tentang pembelajaran sastra di sekolah dengan pendekatan konstruktivistik, terakhir dikemukakan teknik mengevaluasi pembelajaran kesusastraan di sekolah.
Tidak tersedia versi lain