Text
Pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 2 Kasembon
Motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor keberhasilan proses pembelajaran. Motivasi belajar dapat diciptakan dengan adanya dukungan sosial keluarga. Dukungan sosial keluarga merupakan suatu keadaan yang bermanfaat atau menguntungkan yang diperoleh individu yang berasal dari hubungan sosial struktural yaitu keluarga, yang terdiri dari dukungan emosi, informasi, penilaian dan instrumental. Penelitian ini dimaksud untuk: 1) mengetahui dukungan sosial keluarga di SMPN 2 Kasembon, 2) mengetahui motivasi belajar siswa di SMPN 2 Kasembon; 3) mengetahui pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi siswa di SMPN 2 Kasembon
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitiannya di SMPN 2 Kasembon dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 313 siswa dan diambil sampel sebanyak 80 siswa. Dengan berpedoman pada teknik sampling insidental. Instrument yang digunakan adalah angket dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Penelitian ini menghasilkan 3 kesimpulan yaitu: 1) dukungan sosial keluarga di SMPN 2 Kasembon berada pada kategori sangat baik dengan prosentase 95%; 2) motivasi belajar siswa di SMPN 2 Kasembon berada pada kategori sangat baik dengan prosentase 66,25%; 3) dari hasil analisis perhitungan statistik, menunjukkan bahwa Fang (7,820) 2 Fube (3,960) maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Tidak tersedia versi lain