Text
Penerapan E-Learning pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19
Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan bangsa, bangsa yang besaradalah bangsa yang menyiapkan generasi muda untuk belajar, sehingga pemerintah memberikan fasilitas wajib belajar selama 9 tahun. Namun ditengah-tengah situasi dunia dengan terjadinya pandemi covid-19, siswa tidak dapat terpenuhi haknya sebagai siswa untuk belajar di sekolah. Oleh karena itu pemerintah memberlakukan untuk belajar online, sehingga di MTsN 8 Kediri menerapkan pembelajaran dengan menggunakan e-learning. Pembelajaran e- learning merupakan pembelajaran dengan menggunakan akses internet.
Berdasarkan latar belakang tersebut,penulis memfokuskan kajian pada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan e-leaming pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits pada masa pandemi covid- 19 di MTsN 8 Kediri? (2) Apa platform yang digunakan dalam pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits pada masa pandemi covid- 19 di MTsN 8 Kediri? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan e-learning pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits pada masa pandemi covid-19 di MTsN 8 Kediri?
Penelitian ini dilakukan di MTsN 8 Kediri menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata atau tulisan dari sumber data yang diamati. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis melakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTsN 8 Kediri menerapkan e-learning dengan konsep pembelajaran melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (2) Platform yang digunakan dalam pembelajaran e-learning adalah Learning Management System (LMS) (3) Faktor pendukung meliputi a. Pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. b. Peserta didik dapat belajar kapan saja e Peserta didik dapat mengakses informasi di internet. Sedangkan faktor penghambat a. Tidak tersedia akses internet b. Kurangnya Motivasi siswa c. Peserta didik menyepelekan tugas yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain