Text
Problematika regulasi diri siswa dalam meningkatkan kualitas maraja`ah (studi kasus di Ma`had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri)
Proses menghafal al-Qur'an pastinya membutuhkan waktu yang sangat lama karena dilihat dari al-Qur'an itu sendiri yang terdiri dari 114 surat, 6.236 ayat, 77.439 kata, dan 323.015 huruf yang semuanya menggunakan bahasa Arab. Latar belakang seseorang menghafal al-Qur'an juga berbeda beda seperti adanya dorongan kedua orang tua atau keluarga, hal tersebut dapat mempengaruhi regulasi diri siswa dalam menghafal al-Qur'an. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apa saja problematika regulasi diri siswa dalam meningkatkan kualitas muraja'ah, yang mana mereka masih bersekolah dan memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana regulasi diri siswa di Ma'had MTsN 2 Kota Kediri dalam Muraja'ah, 2) Bagaimana cara mempertahankan hafalan dilingkup Ma'had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri, 3) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika regulasi diri siswa dalam meningkatkan kualitas muraja'ah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat di lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Regulasi diri siswa dilihat dari segi perencanaan, belum memiliki perencanaan dalam muraja'ah; dari segi monitoring diri, belum bisa membagi waktu dengan jadwal kegiatan lainnya; dari segi instruksi diri, belum bisa istiqamah dalam muraja'ah; dan dari segi evaluasi diri, seluruh siswa dapat memahami apa saja yang perlu di evaluasi dalam melakukan muraja'ah. 2) Upaya mempertahankan hafalan yang dilaksanakan di Ma'had Al Azhar MTsN 2 Kota Kediri diantaranya dengan memprogramkan kegiatan khataman al-Qur'an dan deresan (Tadarus) wajib. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika regualsi diri siswa dalam meningkatkan kualitas muraja'ah yaitu dengan meningkatkan regulasi diri intrapersonal meliputi tujuan dan memelihara motivasi, regulasi interpersonal meliputi perbaikan hubungan dengan teman, orang tua dan guru, regulasi diri metapersonal yaitu memperbaiki niat dalam menghafal al-Qur'an.
Tidak tersedia versi lain