Text
Pembiasaan sholat dhuha dan tadarus Al-Qur`an dalam pembinaan akhlak siswa (studi kasus di MTsN 1 Kota Kediri)
Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari penulis tertarik pada strategi Madrasah untuk menanamkan nilai-nilai Aqidah Islamiyah pada siswa, karena aqidah merupakan keyakinan kepada Allah Swt. Kerena dapat memberikan dampak yang baik untuk membimbing siswa agar menjadi manusia yang berkepribadian kuat dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini. 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur'an. 3) Untuk mengetahui dampak pembiasaan shalat dhuha. 4) Untuk mengetahui dampak pembiasaan tadarus Al-Qur'an.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci dan sebagai alat pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari Kepala sekolah, guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya: 1) Pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha di aula madrasah secara berjamaah oleh guru, siswa dan semua pegawai yang dipimpin langsung oleh seorang guru yang bertugas. 2) Pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur'an yaitu dengan membaca Al-Qur'an atau sering disebut tadarus, yang biasanya dilakukan sebelum memulai pelajaran seusai membaca asmaul husna yang diawasi langsung oleh guru yang bertugas pada jam pertama pelajaran. 3) Dampak pembiasaan shalat dhuha dalam pembinaan akhlak siswa, dari sebuah keterbiasaan akan membentuk akhlak (akhlakul karimah) dalam diri siswa. Dari perilaku yang kurang baik akan menjadi baik, begitu pula sebaliknya dari pembentukan perilaku yang baik akan menjadi semakin lebih baik. 4) Dampak pembiasaan tadarus Al-Qur'an dalam pembinaan akhlak siswa Ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku siswa yang sebelumnya menunjukkan tingkah laku yang kurang terpuji sekarang menjadi berubah, siswa menjadi disiplin, gemar membaca Al-Qur'an, tutur katanya menjadi sopan, pandai mengatur waktu, tidak gaduh dan lain sebagainya.
Tidak tersedia versi lain