Text
Pemanfaatan multimedia dalam proses pembelajaran PAI di SMK TI Pelita Nusantara Kota Kediri
Multimedia merupakan suatu integrasi atau gabungan dari beberapa media yang saling berkolaborasi untuk memberikan pengetahuan terhadap suatu objek media tertentu. Dalam proses pembelajaran tentu diperlukan sebuah media yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, karena hal ini akan berdampak pada hasil belajar. Untuk itu pemanfaatan multimedia dalam proses pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Sehingga fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran PAI dengan menggunakan multimedia dan (2) usaha-usaha apa saja yang dilakukan guru PAI dalam mengoptimalkan penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode interview atau wawancara, observasi atau pengamatan dan juga dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kawasan dan analisis kompensional dengan menggunakan langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa (1) pemanfaatan multimedia dalam proses pembelajaran PAI merupakan wujud dari program sekolah yang terstruktur, (2) proses pembelajaran PAI di SMK TI Pelita Nusantara dilakukan dengan menggunakan video pembelajaran dan memaksimalkan penggunaan media sosial, (3) usaha guru PAI dalam mengoptimalkan pembelajaran menggunakan multimedia adalah dengan mengoptimalkan penggunaan video dalam pembelajaran, dan (4) guru PAI lebih mengutamakan praktek dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain