Text
Upaya penegakan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al Falah II Ploso Mojo Kediri
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia. Dimana dalam pembelajarannya mengacu pada ilmu Al Qur'an dan Hadist. Bahkan di pondok pesantren dituntut santri untuk memiliki karakter yan baik, sehingga mampu memberi contoh kepada khalayak masyarakat. Terutama dalam penegakan karakter disiplin santri yang berguna bagi kehidupannya dimasa yang akan datang. Disinilah peran penting pondok pesantren dalam membetuk karakter santri menjadi manusia yang sholeh dan berbudi pekerti luhur. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya pondok pesantren Al Falah II dalam penegakan karakter disiplin santri melalui ta'zir? 2) Bagaimana tugas struktural kepengurusan pondok pesantren Al Falah II dalam penegakan karakter disiplin santri? 3) Bagaimana bentuk pelanggaran disiplin santri di pondok pesantren Al Falah 117 4) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat pondok pesantren Al Falah II dalam penegakan karakter disiplin pada santri?.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, yang cara menganalisisnya melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya melalui ta'zir antara lain, taʼzir fisik roan, push up lari mengelilingi halam, ta'zir psikis: membaca waqiah di halaman dan lalaran di depan kelas, ta'zir materi: denda 2) Tugas struktural kepengurusan pondok pesantren Al Falah II antara lain, pengurus harian: memberikan bimbingan dan arahan, pengurus keamanan: mengawasi dan mengontrol pengurus kependidikan: memberikan nasehat dan motivasi. 3) bentuk pelanggaran disiplin santri antara lain, berat: telat perizinan pulang dan keluar pondik, ringan telat dan bolos madrasah, sekolah dan musyawarah, tidak ikut sholat jama'ah 4) faktor pendukung dan faktor penghambat pondok pesantren Al Falah II dalam penegakan karakter disiplin pada santri antara lain, adanya fasilitas yang memadai dalam mendisiplinkan santri dan terdapat kegiatan yang menuntut perilaku disiplin. Faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekitar (pertemanan)
Tidak tersedia versi lain