Text
Pengaruh durasi mengakses media sosial dan prokrastinasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas X di SMK Al Huda Kota Kediri
Prestasi belajar merupakan hasil akhir dari pembelajaran yang merupakan bukti keberhasilan dari proses pembelajaran. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya faktor psikologis dan faktor lingkungan. Media sosial yang merupakan salah satu dari faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap prestasi belajar apabila durasi penggunaannya berlebihan. Sedangkan prokrastinasi merupakan salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar karena perilaku prokrastiasi merupakan dorongan dari dalam diri individu yang dilakukan secara sadar Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh durasi mengakses media sosial terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri 2) adakah pengaruh prokrastinasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri 3) adakah pengaruh durasi mengakses media sosial dan prokrastinasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil populasi seluruh siswa kelas X pada tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan teknik sampling menggunakan proportional stratified random sampling yaitu diperoleh sebanyak 117 sampel dari jurusan TITL, TPM, TKRO, TBSM, TKJ, MM. Sedangkan teknik pengumpulan data variabel durasi mengakses media sosial dan prokrastinasi siswa adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendall's tau
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh negatif antara durasi mengakses media sosial terhadap prestasi belajar dilihat dari koefisien korelasi sebesar -0,299 dan nilai sig 0,00
Tidak tersedia versi lain