Text
Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru pendidikan agama Islam di MTsN 1 Kota Kediri
Dalam proses pendidikan sekolah Islam, terdapat banyak pihak yang memiliki peran penting seperti diantaranya, kepala madrasah, guru, dan murid. Kepala madrasah memiliki tanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang berlangsung di madrasah Kepala madrasah bertindak sebagai pemimpin lembaga madrasah.Dalamperannya. salahsatuperankepala madrasah adalahsebagai supervisor dalam rangka menjaga mutu pendidikan madrasah. Kemudian, tugas kepala madrasah sebagai supervisor juga dalam mengawasi kompetensi-kompensi guru salah satunya adalah kompetensi pedagogis guru. Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yaitu 1) untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru PAI di MTsN 1 Kota Kediri, dan 2) untuk mengetahui hasil dari peran supervisor kepala madrasah terhadap kompetensi pedagogis guru PAI di MTsN I Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan didukung dengan observasi serta dokumentasi.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan mulai tahap reduksi, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah kepala madrasah MTSN 1 Kota Kediri dan empat orang guru PAI
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru Pendidikan Agama Islam dilaksanakan secara rutin dan berkala dengan monitoring harian, pertemuan mingguan, dan evaluasi bulanan. Kepala sekolah menjalankan beberapa upaya meliputi kunjungan kelas, pertemuan kelompok, mengadakan workshop dan seminar, dan mengadakan rapat evaluasi, Dari hasil wawancara terlihat bahwa arahan dan binaan kepala madrasah sangat penting untuk pengembangan kompetensi pedagogis guru. 2) Hasil dari praktik pelaksanaan peran supervisor kepala madrasah mempengaruhi beberapa hal seperti kompetensi pedagogis guru PAI dalam halefektivitas pembelajaran guru, kedisiplinan guru dalam mengajar, meningkatkan kemampuan guru untuk menguasai teknologi pembelajaran, peningkatkan pemahaman wawasan guru, dan meningkatkan kesadaran guru untuk terus meningkatkan potensi peserta didik. Program supervisi kepala madrasah dapat meningkatkan kesadaran guru untuk terus meningkatkan kompetensi pedagogis guru dan memiliki pengaruh yang baik terhadap kompetensi pedagogis guru Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain