Text
Pembelajaran kitab Ta`lim Muta`allim dalam membentuk akhlaqul karimah siswa di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulaman Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri
Akhlak merupakan tingkah laku yang sudah menjadi kebiasaan setiap individu dan kebiasaan itu selalu terlihat dalam perbuatan sehari-hari. Zaman sekarang adalah zaman modern, kehidupan kita dihadapkan pada masalah moral dan akhlak yang cukup serius, berbagai kerusakan baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat,sekolah maupun negara. Sejalan dengan kepentingan dan masa depan anak-anak, terkadang orang tua yang sangat selektif dalam menempatkan sekolah anak-anak mereka. orang tua takut anak mereka berada ditempat pendidikan yang salah dan sangat sulit untuk mengendalikan tingkah laku anak-anaknya, pendidikan agama sebagai pendidikan yang menanamkan nilai-nilai moral spiritual atau sering disebut dengan akhlaqul karimah dipertanyakan. Oleh karena itu, madrasah mengadakan program yaitu mempertahankan pembelajaran kuning. Salah satunya kitab ta'lim muta'allim sebagai penunjang pembentukan akhlaqul karimah siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yaitu 1) bagaimana proses pembelajaran kitab Ta'lim Muta'allim di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Hasan Muchyi Kapurejo-Pagu-Kediri? 2)Bagaimana hasil Pembelajaran Kitab Ta'lim Muta'allim dalam membentuk akhlaqul karimah siswa di Madrasah Aliyah Hasan Muchyi Kapurejo-Pagu-Kediri?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dan hasil kitab Ta;lim Muta'allim dalam membentuk Akhlaqul Karimah siswa di madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Hasan Muchyi Kapurejo-Pagu-Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam usaha mendapatkan sumber data, peneliti menggunakan wawancara dengan narasumber terkait. Adapun metode pengumpulan data penelti menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta menarik kesimpulan. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian membahas tentang 1) proses pembelajaran kitab ta'lim muta'allim yaitu meliputi sistem pemilihan guru,metode pembelajaran,media pembelajaran yang digunakan, respon siswa, kendala guru dan evaluasi pembelajaran 2) hasil dari pembelajaran kitab ta'lim muta'allim dalam membentuk akhlaqul karimah berupa sikap tanggung jawab, tawadhu', disiplin dan ta'dzim beserta dengan faktor pendukungnya.
Tidak tersedia versi lain