Text
Korelasi antara minat belajar dengan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri
Penelitian ini adalaah penelitian kuantitatif dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung? (2) Bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung? (3) Adakah korelasi antara minat belajar denagan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Dalam penelitian ini populasi yang berjumlah 122 peserta didik kelas VIII diambil data dari 55 peserta didik digunakan sebagai sampel untuk diteliti. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan rumus statistik korelasi product moment.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs Mujahidin termasuk dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan belajar peserta didik kelas VIII di MTs Mujahidin dalam kategori tinggi. (3) Terdapat korelasi yang kuat antara minat belajar dengan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mujahidin Slumbung. Ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik teknik analisis korelasi product moment antara variabel minat belajar dan kedisiplinan belajar didapatkan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) ebesar 0,000 0,05, r hitung sebesar 0,643 >r tabel 0,260. Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Tidak tersedia versi lain