Text
Hubungan antara motivasi kerja guru, pengalaman kerja guru terhadap kinerja guru di MTsN 13 Jombang
Kinerja guru memiliki posisi penting dalam manajemen dan organisasi dalam pendidikan, karena keberhasilan dalam melakukan pekerjaan sangat ditentukan oleh kinerja. Kinerja terkait dengan seberapa baik seseorang melakukan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja Guru, Pengalaman kerja Guru di MTsN 13 Jombang, hubungan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, dan mengetahui hubungan pengalaman kerja guru terhadap kinerja guru, serta mengetahui hubungan motivasi kerja guru dan pengalaman kerja guru terhadap kinerja Guru di MTsN 13 Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dan berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasinya, yaitu 27 guru MTSN 13 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi kerja guru, pengalaman kerja guru dan kinerja guru. Sebelum angket digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh (sensus) yaitu teknik penentuan sampel dengan cara semua anggota populasi digunakan sebagai sampel jika populasi kurang dari 100 orang sebaiknya seluruhnya diambil menjadi sampel. Uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi terpenuhi. Uji asumsi meliputi uji normalitas data, uji independensi variabel bebas, uji linieritas dan uji keberartian regresi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat ada hubungan yang signifikan antara motivasi guru dan kinerja guru dan hubungan yang signifikan antara pengalaman guru dan kinerja guru serta motivasi guru dan pengalaman guru berhubungan secara simultan dan signifikan terhadap kinerja di MTsN 13 Jombang Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja guru berhubungan positif terhadap kinerja guru sebesar 52,9 %. (2) terdapat pengaruh pengalaman kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 56,4 %. (3) Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi kerja guru dan pengalaman kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 50,2 %, hal ini menunjukan hubungan ini termasuk dalam kategori tinggi.
Tidak tersedia versi lain