Text
Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam ajaran masyarakat Samin di Bojonegoro (studi kasus di Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro)
Tesis ini mengangkat judul Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Masyarakat Samin di Bojonegoro (Study Kasus di Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro), untuk itu tesis ini akan menjawab pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimanakah Ajaran Masyarakat Samin di Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (2) Bagaimana Pelaksanaan Penanaman ajaran Samin dalam lingkup Masyarakat Samin Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (3) Bagaimanakah Proses Masuknya Pendidikan Islam dalam Masyarakat Samin di Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro? (4) Bagaimanakah Relevansi Nilai- nilai Pendidikan Islam dalam Ajaran Masyarakat Samin di Desa Ngujung Kecamatan
Malo Kabupaten Bojonegoro? Peneliti dalam penelitiannya ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan studi kasus. Untuk itu, peneliti menggunakan metode yang digunakan Nana Syaodih dan juga Farida Nugrahani, dikarenakan menurut peneliti metode ini sangat tepat sebagai acuan dalam penelitian.
Temuan penulis dapat disimpulkan sebagi berikut, (1) Ajaran Masyarakat Samin di Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro ini meliputi: Sabar dan tidak mudah putus asa, Jujur, Menghargai orang lain, Tanggung jawab, dan Persaudaraan atau kebersamaan,(2) Pelaksanaan penanaman Ajaran masyarakat Samin di Desa Ngujung Bojonegoro ini dilakukan melalui tiga cara yaitu: melalui Pitutur-pitutur luhur, Tradisi, dan Budaya. (3) Proses masuknya pendidikan Islam dalam masyarakat Samin di Desa Ngujung ini melaui dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern, dan juga melalui pengaruh agama dan juga tokoh agama, (4)Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam ajaran masyarakat Samin di Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro adalah sabar dan tidak mudah putus asa (tawakkal), jujur, menghargai orang lain, tanggung jawab, dan yang terahir adalah persaudaraan dan kebersamaan.
Secara teoritik, tesis ini menghadirkan sebuah temuan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam masyarakat Samin di Bojonegoro. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang berhubungan dengan Akhlaq dan juga pendidikan karakter. Sedangkan Implikasi praktis yang ditemukan dalam penelitian ini adalah sebagai masukan bagi para pengajar pendidikan bahwa sistim penanaman nilai-nilai pendidikan Islam seharusnya dilaksanakan setiap harinya melalui metode pemberian nasihat (pitutur-pitutur luhur), dan juga melalui pembiasaan (tradisi dan budaya), bukan hanya pemberian pendidikan yang bersifat pengetahuan yang ada dalam otak saja. Sehingga dengan metode tersebut pendidikan akan mudah diterima.
Tidak tersedia versi lain