Text
Pendekatan pola asuh ustadz pondok dalam rangka pembentukan kemandirian santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya`qub Lirboyo
Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh eksistensi Pondok Pesantren tidak lepas dari kegiatan pola asuh yang telah dilakukan oleh pesantren kepada santrinya. Pola asuh yang dilakukan para ustadz untuk pembentukan kemandirian belajar santri tentunya berbeda beda antara pesantren yang satu dengan pesantren yang lain. Semua memiliki ciri khas dan juga program masing- masing dimana disesuaikan dengan kondisi dan tujuan dari pesantren tersebut
Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah pola asuh ustadz pondok dalam meningkatkan kemandirian belajar santri anak usia 8-13 tahun di pondok pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo. Adapun pertanyaan penelitian adalah: 1) Bagaimana bentuk pendekatan pola asuh para ustadz pondok dalam upaya membentuk kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo? 2) Bagaimana bentuk bentuk kemandirian belajar santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo? 3) Apa saja problem kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo? 4) Bagaimana solusi yang dilakukan para ustadz pondok untuk mengatasi problem kemandirian belajar santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo?
Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dimana peneliti menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan metode pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check dan ketercukupan referensi
Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Pendekatan pola asuh para ustadz pondok dalam upaya pembentukan kemandirian belajar santri usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub Lirboyo melalui pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan religius dan pendekatan tugas. Keempat pendekatan tersebut efisien waktu dan juga tenaga selain itu juga maksimal dalam memberikan bimbingan kepada para santri usia 8 -13 tahun walaupun keempat pendekatan tersebut bersifat konvensional. 2) Ada beberapa bentuk-bentuk kemandirian belajar santri anak usia 8-13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya qub Lirboyo, diantaranya adalah kesadaran akan tujuan belajar, kesadaran akan tanggung jawab belajar, kontinuitas belajar, keaktifan belajar dan efisiensi belajar. 3) ada beberapa problem kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Ilaji Yaqub Lirboyo, antara lain disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. 4) Ada empat solusi yang dilakukan para ustadz pondok untuk mengatasi problem kemandirian belajar santri usia 8 13 tahun di Pondok Pesantren Salafiyah Haji Ya'qub - Lirboyo, antara lain: a) Mendengarkan dan berbicara efektif, b) Membangun komunikasi aktif, c) Ganjaran dan hukuman; d) Motivasi.
Tidak tersedia versi lain