Text
Penanaman nilai karakter Islami di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun
Fenomena dekadensi moral yang terjadi di tengah-tengah masyarakat maupun di lingkungan pemerintah semakin meningkat dan beragam. Tindak korupsi, pembunuhan, kerusuhan, penjambretan, pelecehan seksual, kasus pomografi, penyalahgunaan narkoba, tawuran antar peserta didik, aksi menyontek, school bullying, serta membohongi orang tua dan guru merupakan contoh krisis karakter yang melanda bangsa ini. Keperihatinan terhadap fenomena tersebut banyak disikapi. Khususnya dalam pendidikan Islam, di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun mengambil langkah untuk menangkal hal-hal yang tersebut di atas terjadi. Dengan membudayakan kegiatan yang bernafaskan keislaman sehingga penanaman karakter Islami (Islamic character building) dapat terlaksana dengan optimal. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter Islami yang ditanamkan pada siswa, metode yang digunakan untuk menanamkan nilai karakter Islami, dan teknik evaluasi nilai karakter Islami di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter Islami yang ditamankan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun adalah nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai santun, nilai percaya diri, nilai peduli, dan nilai tanggung jawab. 2) Metode penanaman nilai karakter Islami di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun yaitu dengan memberikan materi langsung dalam pembelajaran di kelas, memberikan nasihat-nasihat, keteladanan, program pembiasaan, kegiatan ektrakurikuler, dan memberlakukan reward and punishment. 3) Teknik evaluasi nilai karakter Islami di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun yaitu dengan observasi atau pengamatan guru dan portofolio atau unjuk kerja siswa.
Tidak tersedia versi lain