Text
Pengaruh persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sekolah menengah pertama Kota Kediri (MTs. Negeri 1 Kediri dan SMP Al-Huda Kota Kediri)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang diberikan oleh persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah secara parsial (sendiri-sendiri) terhadap kinerja guru, ada atau tidaknyapengaruh yang diberikan oleh motivasi kerja secara parsial (sendiri-sendiri) terhadap kinerja guru, dan ada atau tidaknya pengaruh yang diberikan oleh persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja secara simultan (bersama- sama) terhadap kinerja guru di MTs Negeri 1 Kediri dan SMP Al-Huda Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif positivistic dan menggunakan metode deskriptif analisis. Responden diambil dengan cara menggunakan sampel total karena semua anggota populasi dijadikan sampel, yakni 100 orang guru di MTs Negeri 1 Kediri dan SMP Al-Huda Kota Kediri. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner
Hasil pengujian hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa secara parsial persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 8,8%. Hasil pengujian hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa secara parsial motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 44,2%. Hasil pengujian hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa secara simultan persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 45,1%.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, persepsi guru pada supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar. Kinerja seseorang (guru) memang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja persepsi, supervisi, sertamotivasi. Semakin baik persepsi, supervisi, dan motivasi yang didapat oleh guru, maka akan semakin baik dan meningkat pula kinerja guru.
Tidak tersedia versi lain