Text
Developing Islamic historical recount text materials for senior high schools
Banyak materi reading yang berbasis pada sumber non-Islam sehingga siswa yang berlatar belakang Islam cenderung tidak menyukai bahan bacaan tersebut, oleh karena itu penulis melakukan penelitian yang berfokus pada pengembangan bahan bacaan (teks recount berbasis sejarah islam) berdasarkan sumber islam untuk siswa Sekolah Menengah Atas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan teks recount berbasis sejarah Islam untuk siswa Sekolah Menengah Atas di Kediri. Ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang diusulkan oleh Borg dan Gall. Peneliti memodifikasi model sesuai dengan kebutuhan tujuan penelitian dalam skala kecil, dan untuk memenuhi kesenjangan yang tidak dapat dipenuhi oleh model Borg dan Gall. Model yang diadaptasi untuk mengembangkan teks recount berbasis sejarah Islam terdiri dari tujuh langkah. Mereka adalah: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Mengembangkan Bentuk Awal Produk, 3) Validasi Ahli, 4) Revisi Pertama, 5) Uji Coba Lapangan, 6) Revisi Kedua, dan 7) Produk Akhir. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas sepuluh MA AL-HUDA Kota Kediri. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan komentar, data Quantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa dan para ahli validasi, dan komentar diperoleh dari para ahli Validasi sebagai bahan perbaikan produk.
Produk dari penelitian ini adalah bahan ajar teks recount berbasis sejarah Islam untuk sekolah menengah atas. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa, peneliti mendapatkan data bahwa 81,7% siswa setuju jika proses belajar mengajar (teks recount) menggunakan teks recount berbasis sejarah Islam. Dalam penelitian ini, validasi ahli dilibatkan untuk memvalidasi produk. Ada tujuh aspek yang divalidasi oleh validasi ahli: konten, penggunaan bahasa, organisasi, kosa kata, mekanik, nilai karakter dan latihan. Oleh karena itu, hasil validasi ahli pertama adalah 99,91% menunjukkan bahwa produk dikategorikan pada kriteria (sangat baik). Dan 89,09% dari validasi ahli kedua menunjukkan bahwa produk dikategorikan pada kriteria (baik). Dan 84,07% dari hasil uji coba bahan menunjukkan bahwa produk dikategorikan pada kriteria (baik). Dari hasil karya siswa menunjukkan bahwa siswa mendapat hasil yang memuaskan dari 20 siswa pada 9 cerita, keseluruhan siswa mendapat hasil rata-rata terendah 75 dan tertinggi 87. Jadi diindikasikan bahwa bahan ajar teks recount berbasis sejarah Islam yang terdiri dari teks utama recount berdasarkan cerita Asbabun Nuzul Al-Qur'an, tahab melafalkan Ayat Al-Qur'an, kata kunci, latihan dan nilai-nilai moral mendapat respon yang baik sebagai bahan pengajaran dalam pembelajaran teks recount dan produk ini paling cocok untuk siswa Sekolah Menengah Atas
Tidak tersedia versi lain