Text
Strategi persaingan usaha PT Anugerah Kubah Indonesia ditinjau dari strategi The New 7-S`s D`Aveni dan marketing syariah
Strategi persaingan usaha merupakan hal penting dalam menjalankan usaha agar perusahaan tetap berkesinambungan di zaman dimana teknologi semakin maju. Salah satu kontraktor kubah masjid yang ada di Indonesia yaitu PT Anugerah Kubah Indonesia menggunakan sarana teknologi dalam kegiatan usahanya untuk menjaring customer. Akan tetapi dalam perjalanannya, dengan adanya teknologi yang mampu menghilangkan batasan antar wilayah dan dengan adanya keleluasaan informasi ini, persaingan usaha juga akan semakin dinamis Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa karya atau portofolio yang dibangun oleh PT Anugerah kubah Indonesia dipakai sebagai sarana promosi oleh perusahaan pesaing Hal ini tentu saja menarik untuk dikaji terkait strategi yang digunakan oleh PT Anugerah kubah Indonesia dalam menghadapi persaingan usaha tersebut. Fokus masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi persaingan usaha PT Anugerah kubah
Indonesia ditinjau dari strategi The New 7-S's D'Aveni dan Marketing Syariah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dokumentasi dan pencarian data visual dan audiovisual. Peneliti melakukan analisis data melalui tahap-tahap antara lain reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian, (1) Strategi persaingan usaha PT Anugerah Kubah Indonesia yaitu memperkuat faktor internal dan eksternal perusahaan meliputi melakukan perlindungan terhadap website, memperkuat manajemen keuangan, memperkuat manajemen sumber daya manusia, mengembangkan produk baru, memperkuat hubungan dengan stakeholder, meningkatkan kualitas pelayanan, dan mewaspadai pergerakan usaha yang dilakukan oleh pesaing (2) Strategi persaingan usaha PT Anugerah kubah Indonesia ditinjau dari strategi persaingan usaha The New 7-S's D'Aveni meliputi, memberikan informasi secara terbuka, memberikan pelayanan dengan baik, fokus terhadap produk tetapi tetap melakukan pengembangan desain, melakukan perombakan struktur organisasi, membuat aplikasi estimasi harga, menerapkan sistem pertahanan dan melakukan pengawasan (3) Strategi persaingan usaha PT Anugerah Kubah Indonesia ditinjau dari marketing Syariah sebagai berikut, melakukan mediasi dengan pesaing dan melakukan pengawasan atau control, menggali keinginan konsumen, menerapkan budaya kerja yang Islami di perusahaan, memberikan garansi terhadap produk, selalu menjaga kualitas produk, melakukan strategi aliansi dengan pemasok memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder, dan adanya evaluasi terhadap kinerja perusahaan Jadi, strategi persaingan usaha PT Anugerah Kubah Indonesia sebagian besar menggunakan strategi The New 7-S's D'Aveni strategi yang agresif dalam penguatan sisi eksternal perusahaan dan lebih menerapkan strategi Marketing Syariah sebagai strategi bertahan dalam pengembangan dan penguatan internal perusahaan.
Tidak tersedia versi lain