Text
Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui English Department di SMA Ar-Rohmah Putri Malang
Pendidikan bahasa sudah menjadi sesuatu yang selalu diajarkan di setiap sekolah. Mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun, bahasa menurut tata bahasa tidak dapat diterapkan dengan baik jika siswa tidak memahami tata bahasa. SMA Ar-Rohmah Putri merupakan salah satu sekolah yang menerapkan bahasa Inggris di sekolah. Pada umumnya siswa masih belum menguasai dasar-dasar bahasa yang baik. Namun, dalam waktu singkat, mereka mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Oleh karena itu, banyak siswa yang telah banyak berprestasi di kompetisi nasional dan internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Jurusan Bahasa Inggris Di SMA Ar-Rohmah Putri Malang. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Jurusan Bahasa Inggris SMA Ar-Rohmah Putri Malang, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Jurusan Bahasa Inggris di SMA Ar-Rohmah Putri Malang. 3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Jurusan Bahasa Inggris SMA Ar-Rohmah Putri Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini adalah studi lapangan. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini: 1) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Jurusan Bahasa Inggris Di SMA Ar-Rohmah Putri Malang adalah sebagai berikut: mengangkat koordinator Jurusan Bahasa Inggris, membentuk Ar-Rohmah English Club (AEC) , menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler 4 program pengenalan bahasa, mengundang penutur asli, kerjasama dengan institusi dan universitas dalam dan luar negeri, praktikum di luar negeri melalui program luar negeri. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan Kepala Sekolah; a) faktor pendukung: English Weekly Intensif di sekolah, kerjasama dengan institusi dan universitas dalam dan luar negeri, adanya program bahasa pendukung, didukung oleh orang tua. Faktor penghambat: kurangnya sistem kontrol, kurangnya sarana dan prasarana bahasa, beberapa guru tidak memiliki kompetensi bahasa Inggris. 3) solusi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan: perbaikan sistem kontrol, penyediaan sarana dan prasarana bahasa, pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.
Tidak tersedia versi lain