Text
Manajemen pendidikan pesantren pelajar dan mahasiswa dalam menngkatkan kecerdasan spiritua dan kecerdasan intelektual santri (studi kasus di Pondok Pesantren Al Amien Ngasinan Kota Kediri)
Manajemen pendidikan dapat mengurangi hambatan dalam pencapaian tujuan serta memberikan prediksi dan imajinasi agar segera mengantisipasi dengan cepat perubahan lingkungan. Dengan kemajuan perkembangan zaman pondok pesantren perlu menata ulang manajemen Pendidikan dalam upaya melakukan peningkatan kualitas pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) perencanaan pendidikan, (2) Pengorganisasian pendidikan, (3) Pelaksanaan Pendidikan, (4) Evaluasi Pendidikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual di pondok pesantren Al Amien Ngasinan Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan kualitatif yang berdasarkan ilmu filsafat positivisme digunakan dalam penelitian dalam kondisi obyek yang alamiah, pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis dengan langkah reduksi data, display data dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual di pondok pesantren direncanakan oleh K. H Anwar Iskandar dan dikembangkan oleh keluarga berdasarkan visi dan misi (2) Pengorganisasian di pondok pesantren Al Amien terbagi menjadi tiga bidang yaitu kepala pondok dibantu dengan pembina santri dan pengurus bidang pendidikan dalam pendidikan kegiatan pondok Kepala madrasah diniyah dibantu dengan asaridz (guru) dan OSIMA dalam pendidikan kegiatan Madrasah Diniyah. Sedangkan Waka Kurikulum dan dibantu oleh pembimbing kamar dan pembina santri dalam kegiatan pendidikan pondok santri MTs,(3) Pelaksanaan pendidikan menggunakan metode pembiasaaan, muhafadzo, pendidikan dalam madarasah diniyah dan bandongan, bahsul masail, syawir, seminar dan sorogan Sumber belajar yang digunakan adalah kitab kuning, lokasi Pondok, proyektor, leptop, makalah, dan buku ubudiyah(4) Evaluasi pendidikan dalam meningkatakan kecerdasan spiritual di pondok Al Amien dengan absensi dan rapat evaluasi setiap bulan Untuk evaluasi pendidikan dalam meningkatakan Intelektual di pondok Al Amien dengan tamrin (ujian) materi madrasah diniyah mukhafadzo dan koreksian kitab dan menghasilakan santri yang mempunyai kecerdasan spiritual diatas rata- rata dengan presentase 60% dan Kecerdasan intelektual santri dengan presentase 100%
Tidak tersedia versi lain