Text
Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap minat belajar siswa di MA Hidayatus Sholihin Kediri Tahun Pelajaran 2019-2020
Permasalahan dalam penelitian adalah 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak? 2) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak? 3) Bagaimana minat belajar siswa kelas X? 4) Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap minat belajar siswa kelas X? 5) Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap minat belajar siswa kelas X? 6) Apakah ada Apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap minat belajar siswa kelas X?
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X dengan sampel 58 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan tahap persiapan analisis data, tabulasi data, uji validitas dan reabilitas data, analisis statistic deskriptif, uji normalitas data dan pengujian hipotesis.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dengan berpedoman pada perhitungan true score diatas dengan nilai rata-rata 69.09 yang termasuk pada interval sangat baik. 2. Persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak dengan berpedoman pada perhitungan true score diatas dengan nilai rata-rata 37.21 yang termasuk pada interval sangat baik. 3) Minat belajar siswa kelas X didapatkan dengan berpedoman pada perhitungan true score diatas dengan nilai rata-rata 38.69 yang termasuk pada interval baik. 4) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap minat belajar siswa dengan tingkat persentase sumbangan pengaruh persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa sebesar 36.1 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model penelitian ini. 5) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap minat belajar siswa dengan tingka persentase sumbangan pengaruh persepsi siswa terkait kompetensi sosial gun terhadap minat belajar siswa sebesar 15.9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model penelitian ini. 6) Ada pengaruh perseps siswa tentang kompetensi kepribadian dan sosial guru akidah akhlak terhadap min belajar siswa bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0.361 yang artinya tingka persentase sumbangan pengaruh persepsi siswa terkait kompetensi kepribadian gu dan sosial guru terhadap minat belajar siswa sebesar 36.1%.
Tidak tersedia versi lain