Text
Penerapan metode at-tartil dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur`an di TPQ Nurul Hidayah Barjarwungu Tarik Sidoarjo
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena ada satu metode membaca al- Qur'an yang sangat terstruktur pembelajrannya dan di terapkan di TPQ Nurul Hidayah. Metode at-Tartil juga dianggap sebagai metode yang mampu membarikan solusi bagi murid yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur'an karena di dalam metode tersebut sudah di siapkan kelas-kelas khusus untuk menagnaninya. Fokus penelitian ini: 1.Bagaimana pelaksanaan metode at-Tartil di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? 2. Faktor apa yang menyebabkan kesulitan membaca al-Qur'an di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo? 3. Bagaimana cara mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an di TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi data-data penelitian mulai dari foto kegiatan penelitian dan hasil dari pedoman wawancara bersama Kepala TPQ, Guru, Murid dan Masyarakat sekitar TPQ Nurul Hidayah Banjarwungu Tarik Sidoarjo. Teknik analisa menggunakan pengumpulan data, pengelolaan data, mendeskripsikan dan yang terakhir adalah penyimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. pelaksanaan metode at-tartil di TPQ Nurul Hidayah di awali dengan metode Klasikal yaitu murid dijadikan satu untuk membaca do'a kemudian melanjutkan metode kelompok, yaitu murid masuk keruang kelas sesuai dengan kemampuan membacanya. 2. Faktor yang menyebabkan kesulitan membaca al-Qur'an adalah murid yang tidak mengeluarkan suaranya dengan maksimal dan murid memiliki daya ingat yang lemah. 3. Untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur'an TPQ Nurul Hidayah sudah menerapkan 2 kelas khusus yaitu, kelas privat dan kelas Khusus.
Tidak tersedia versi lain