Text
Analisis penetapan harga jual masker Sensi 3ply di masa pandemi covid-19 perspektif ekonomi Islam (studi kasus pada e-commerce Tokopedia)
Penentuan harga jual merupakan hal penting dalam suatu perusahaan karena merupakan dasar dalam penentukan keuntungan yang diharapkan. Penentuan harga jual juga mempengaruhi kehidupan perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penetapan harga jual masker pandemi corona (Covid-19) pada e-commerce Tokopedia? dan Bagaimana penetapan harga jual masker pada pandemi corona (Covid-19) perspektif Ekonomi Islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Induktif dengan pendekatan Ekonomi Islam. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan temuan menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penetapan harga jual masker sensi 3Ply pada E-commerce Tokopedia menyatakan bahwa penentuan harga mereka sesuai pasar karena jika mereka menetapkan harga lebih tinggi dari pasar akan menurunkan tingkat penjualan mereka kedepannya. Harga jual masker sebelum adanya pandemi covid-19, yakni 25.000 sampai 35.000 per 50 pcs, 35,000 sampai 50.000 per 50 pcs, dan 50.000 sampai 75.000 per 50 pcs. Harga jual masker sesudah adanya pandemi covid-19, 200.000 sampai 400.000 per 50pcs dan 400.000 sampai 600.000 per 50 pcs. 2. Dalam pandangan ekonomi Islam, mekanisme pasar dalam penentuan harga ini berlangsung alami. Penentuan harga tergantung dengan permintaan dan penawaran. Ketika permintaan naik, penawaran tetap, maka harga akan naik. Namun bila permintaan turun, penawaran tetap, harga juga akan turun. Yaitu merupakan mekanisme penetapan harga jual berbasis nilai keadilan dengan menetapkan harga yang wajar dan tidak mengambil keuntungan yang besar dan merupakan titik keseimbangan antara kekuatan permintaan dan penawaran yang disepakati secara sukarela oleh pembeli dan penjual/ E-commerce Tokopedia, dengan memperhatikan daya beli masyarakat dan kemampuan masyarakat atau pembeli.
Tidak tersedia versi lain