Text
Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen minyak goreng Fortune (studi kasus di swalayan Top Pare Kediri)
Untuk memenuhi kebutuhan, manusia membutuhkan kelompok dalam rangka melakukan bisnis. Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Salah satu bisnis yang berkembang cepat dari waktu ke waktu ialah ritel. Usaha ritel dapat ditemui dengan mudah dan jumlahya sangat banyak Usaha ritel tersebut dapat berbentuk minimarket, swalayan, supermarket, hypermart dan departement store. Salah satu bentuk usaha ritel yaitu swalayan Top Pare yang berlokasi di Jl. Letjen Sutoyo No. 60 Pare, Kediri, Jawa Timur. Swalayan Top Pare merupakan badan usaha yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari dalam rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasn minyak goreng fortune di swalayan Top Pare
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.243 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 124 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, teknik ini dilakukan dengan cara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, reliabilitas, deskriptif, uji normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi parsial.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel X (harga) dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 25,05 yang berada diantara skor 23,42 dan 26,68 dan variabel Y (kepuasan konsumen) dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,85 yang berada di antara skor 60,754 dan 68,974. Berdasarkan uji normalitas, penelitian ini berdistribusi normal dilihat dari hasil uji One-sampel Kolomogorov-smirnov yaitu, sig 0,200 0,05. Pada analisis Korelasi Pearson Product Moment mengemukakan bahwa nilai korelasi sebesar 0,747 angka ini menunjukkan adanya korelasi kuat. Analisis regresi sederhana menghasilkan model persamaan Y = 17,792 + 1,878X dan berdasarkan analisis determinasi parsial menunjukkan nilai R sebesar 0,559 yang artinya variabel harga mampu mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 55,9% Sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain