Text
Pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian kerudung pada konsumen di Toko Zoya Kediri
Perkembangan kerudung wanita saat ini sangatlah pesat, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya brand-brand baru yang mulai memasarkan produknya salah satunya brand Zoya. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk kerudung. Salah satunya adalah persepsi pada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian kerudung pada konsumen di toko Zoya Kediri.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket, dan wawancara. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/member di toko Zoya Kediri sejumlah 363 konsumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan metode pengambilan sampel secara accidental sampling. Maka, peneliti mengambil sampel konsumen Zoya sebanyak 177 responden. Variabel bebasnya persepsi (X) dan variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji regresi sederhana, serta uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji determinasi).
Dengan menggunakan program bantuan SPSS16.0, hasil perhitungan pada pengujian simultan antara variabel persepsi (X) termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 42,71 dan standard deviasi 3,784. Sedangkan, secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) kerudung di toko Zoya Kediri termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 41,69 dan standard deviasi 2,985. Berdasarkan hasil uji t diperoleh, nilai t hitung 5,878>t tabel 1,97361, artinya terdapat pengaruh antara variabel persepsi (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hasil pada uji F terlihat Fhitung 34,584> Fabel 3,89sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X secara simultan terhadap Y dan signifikan 0,000 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi nilai R square sebesar 65,6%, hal ini berarti persepsi semakin berpengaruh terhadap keputusan pembelian sehingga pengaruhnya dominansedangkan sisanya 34,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti: faktor kebudayaan, sosial, pribadi. maupun faktor lain dari psikologis.
Tidak tersedia versi lain