Text
Peran komite sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SD Islam Al-Huda Kediri
Pada desentralisasi ini, solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan. dapat dilakukan dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Untuk mewujudkan keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melibatkan peran komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengontrol, dan badan penghubung dalam keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Huda Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, sebagaimana yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan dibagi menjadi tiga yaitu sebagai perencanaan sekolah, pelaksanaan program dan pengelolaan SDM. 2) Peran komite sekolah sebagai badan pendukung dibedakan menjadi tiga yaitu dalam pengelolaan sumber daya, pengelolaan sarana dan prasarana, serta pengelolaan anggaran. 3) Peran komite sekolah sebagai badan pengontrol dibedakan menjadi empat yaitu sebagai perencanaan pendidikan, pelaksanaaan program sekolah, transparansi anggaran dan mementau output pendidikan. 4) Peran komite sekolah sebagai badan mediator (penghubung) dibagi menjadi tiga yaitu sebagai peencanaan sekolah, pelaksanaan program, dan pengelolaan SDM
Tidak tersedia versi lain