Text
Implementasi pembelajaran dengan metode Bahsul Masa`il di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kediri
Pondok Pesantren Darussalam merupakan salah satu pondok pesantren yang melaksanakan kegiatan bahsul masa'il melalui Lembaga Bahsul Masa'il. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha Pondok Pesantren Darussalam dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan perencanaan pembelajaran dengan metode bahsul masa'il di Pondok Pesantren Darussalam. 2) Mengetahui dan menjelaskan implementasi pembelajaran dengan metode bahsul masa il di Pondok Pesantren Darussalam. 3) mengetahui dan menjelaskan bagaimana evaluasi dan hasil dari pembelajaran dengan metode bahsul masa 'il di Pondok Pesantren Darussalam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumnetasi. Analisis data menggunakan interaktiv model meliputi: Reduksi data (Data Reduction), Penyajian data ( Display data), dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Untuk metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, metode, dan teori.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dengan metode bahsul masa'il di Pondok Pesantren Darussalam dapat dilihat dari tujuan pendidikan pondok pesantren dan tujuan dari diadakanya kegiatan bahal masa'il. Adanya ketetapan dan program bahsul masa 'il juga menunjukkan bahwa kegiatan ini betul betul direncanakan supaya sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut media yang digunakan dan adanya agenda kegiatan baik mingguan, bulanan, maupun tahunan. 2) Implementasi pembelajaran dengan metode bahsul masa'il di Pondok Pesantren Darussalam dapat dilihat dari mulai tahap persiapan seperti pendristribusian as 'ilah, penataan sechedul kegiatan dll. Sedangkan tahap pelaksanannya sebagaimana kegiatan bahsul masa'il di pesantren pada umumnya, setelah kegiatan bahsul masa'il selesai, hasil bahsul masa'il harus dibukukan, baik nanti akan didistribusikan atau sebagai arsip. 3) Evaluasi dari pembelajaran dengan metode bahsul masa'il ini menggunakan observasi berdasarkan keaktifan dan kemampuan santri dalam setiap tahapan dari kegiatan ini. sedangkan hasil dari pembelajaran dengan metode bahsul masa il, adalah santri lebih tangkap dan cakap dalam menjawab dan memahami permasalahan agama, santri yang mengikuti kegiatan ini memiliki kemampuan lebih dari pada yang lain terutama dalam segi pendalaman materi.
Tidak tersedia versi lain