Text
Strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan dalam proses pendidikan di IAIN Kediri
Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat Untuk itulah, peningkatan mutu layanan perpustakaan harus selalu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi Perpustakaan IAIN Kediri untuk meningkatkan mutu layanannya, khususnya dalam proses pendidikan di IAIN Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studikasus Peneliti sebagai instrument kunci yang mengumpulkan data dari beberapa informan, melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis melalui 4 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Standa mutu layanan perpustakaan di IAIN Kediri tercantum dalam dokumen mutu berupa SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk seluruh layanan yang diberikan. Terdapat 19 ragam SOP yang terkategorisasi menjadi 5 bagian SOP tersebut mengacu kepada UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Perka PNRI No. 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Pelaksanaannya pun didukung dengan penegakan tata tertib perpustakaan. 2) Strategi peningkatan mutu layanan perpustakaan di IAIN Kediri diterapkan melalui: peningkatan kualifikasi, pengetahuan, dan keterampilan para pustakawan dan staf perpustakaan, pemutakhiran koleksi bahan pustaka, mengedepankan prinsip layanan prima di semua aspek, dan mengintegrasikan teknologi informasi sebagai layanan digital. 3) Kontribusi penting pelayanan perpustakaan terhadap proses pendidikan di IAIN Kediri yaitu sebagaipusatsumberbelajar, sebagai fasilitas peningkatan budaya literasi dan kegemaran membaca, sebagai sarana penyelesaian tugas akhir (skripsi tesis), dan sebagai tempat publikasi sekaligus deposit karya sivitasak ademika
Tidak tersedia versi lain