Text
Peran brand image dalam meningkatkan jumlah donatur (studi kasus pada lembaga amil zakat Yatim Mandiri Kediri)
Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar, hal ini menjadikan potensi besar pula dalam pengumpulan dana zakat Berdasarkan data terakhir, berdasarkan data pada BAZNAS, saat ini terdapat 26 Lembaga Amil Zakat Resmi secara Nasional. Brand image merupakan deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. Image konsumen yang positif terhadap suatu brand lebih memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian, brand yang baik menjadi dasar untuk membangun citra lembaga yang positif. Berdasarkan data yang ada, dapat diketahui bahwasannya Yatim Mandiri secara nasional setiap tahunnya mengalami peningkatan. Akan tetapi hal ini bertolak belakang pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Kediri yang pada periode tahun 2017-2019 justru mengalami
penurunan donatur. Tujuan Penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui Implementasi brand image di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Cabang Kediri (2) Untuk mengetahui peran brand image dalam meningkatkan jumlah donatur yang ada di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Cabang Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, analisis data secara induktif dan penelitian yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi, jenis penelitian ini adalah study kasus. Sedangkan dalam penelitian ini akan menelaah secara komprehensif, mendetail, dan mendalam di lokasi yang diteliti.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengimplementasian brand image, Yatim Mandiri Kediri dilakukan dengan menjadikan visi misi sebagai pegangan yang kokoh, kemudian menciptakan citra positif dibenak masyarakat dengan meningkatkan pelayanan menciptakan lingkungan yang kondusif, serta memiliki sifat dan tingkah laku yang baik kepada masyarakat. Adapun peran brand image pada lembaga ini dapat dijadikan sebagai kontribusi kelegaan hati berupa saling terbuka, melayani dengan baik dan mendoakan, serta para anggota lembaga selalu melakukan komunikasi yang baik dan mempublikasi kegiatan-kegiatan yang ada. Salah satu faktor yang digunakan untuk meningkatkan donatur lembaga ini kerja sama yang baik antar anggota lembaga, serta loyalitas anggota pada lembaga.
Tidak tersedia versi lain