Text
Integrasi kurikulum pesantren dengan kurikulum 2013 di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri
Dalam menghadapi kenyataan yang serba tanggung bahwa output madrasah pengetahuan agamanya tidak mendalam dan pengetahuan umumnya juga rendah, maka MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri melakukan sebuah terobosan yaitu mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui: 1) Bagaimana kurikulum pesantren di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah kediri. 2) Bagaimana implementasi integrasi kurikulum pesantren dengan Kurikulum 2013 di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah kediri. 3) Bagaimana hasil integrasi kurikulum pesantren dengan Kurikulum 2013 di MA Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri.
Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan
Hasil penelitian ini, adalah sebagai berikut: (1) Penerapan integrasi kurikulum di MA Hidayatus Sholihin, kurikulumnya ada dua, yaitu kurikulum pondok yakni kurikulum pesantren dan satunya kurikulum sekolah/ madrasah. Dalam mengajar mata pelajaran yang notabene kurikulum pesantren guru memberlakukan sama terhadap semua siswa baik yang domisili di pesantren maupun yang tidak. (2) Dengan adanya penambahan kurikulum pesantren di MA Hidayatus Sholihin Turus maka pelaksanaan kurikulum 2013 dalam alokasinya ada yang tetap sesuai dengan alokasi yang telah di tetapkan oleh Kementerian Agama RI sesuai dengan KMA nomor 183 tahun 2019 dan ada yang mengalami pengurangan. Kemudian dari segi waktu pertatap muka yang seharusnya 45 menjadi 40 menit perjam pelajaran. (3) Dalam pelaksanaannya kurikulum pesantren ini tidak disendirikan, ada yang diletakkan pada jam awal dan juga ada yang berada di jam akhir pelajaran. Semisal mata pelajaran bulughul Marom atau Jawahirul Bukhori yang diintegrasikan dengan mata pelajaran al-Qur'an Hadis, pembelajarannya di laksanakan pada jam awal, tengah dan juga ada yang di akhir.
Tidak tersedia versi lain