Text
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota di KSPPS Tunas Artha Mandiri (studi kasus anggota KSPPS SyariahTunas Artha Mandiri cabang Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 2017)
Kepuasan nasabah diantaranya ditentukan oleh faktor kualitas pelayanan yang dikehendaki oleh anggota/nasabah, sehingga kualitas pelayanaan menjadi perioritas utama Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah. Untuk kualitas Pelayanan ada dua hal pokok yang saling berkaitan erat yaitu harapan nasabah terhadap kualitas pelayanan dan persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan. Nasabah selalu menilai suatu layanan yang diterima dibandingkan dengan apa yang diharapkan atau diinginkan. Tujuan dari peneliti ini untuk mengetahui kualitas pelayanan di KSPPS Tunas Artha Mandiri Cabang Ngadiluwih, KEDIRI, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah/anggota di KSPPS Tam.
Dalam penelitian ini populasi pada tahun 2017 berjumlah 325. Jumlah sampel diambil 179 atau di bulatkan menjadi 180 yang menjadi anggota tetap di KSSP Tam Cabang Ngadiluwih. Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif variabel, uji normalitas, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian ini Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota di KSPPS Tunas Artha Mandiri dikategorikan sangat kuat, berdasarkan rumus korelasi diperoleh 0,911.sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan anggota. R 0,911 terletak pada rentang interval koefisien antara 0,80-1,00 yang sangat kuat. Diketahui untuk variabel kualitas pelayanan diketahui t hitung 1,908 dengan nilai signifikansi 0,000
Tidak tersedia versi lain