Text
Pengaruh kelompok referensi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik (studi pada kebun hidroponik Kediri)
Keputusan pembelian sayuran hidroponik dipengaruhi oleh kelompok referensi dan persepsi konsumen. Sayuran hidroponik merupakan sayuran yang ditanam dengan teknik tanpa mengunakan tanah sebagai media tanamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelompok referensi, persepsi konsumen dan keputusan pembelian sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisisa korelasi ganda dan regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini adalah 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelompok referensi (X)) kategorinya cukup baik, variabel persepsi konsumen (X2) termasuk dalam kategori cukup baik, dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk kategori cukup baik. Pada uji korelasi berganda terdapat korelasi yang kuat antara kelompok referensi terhadap keputusan pembelian, persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh antara kelompok referensi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Kediri. Sehingga diperoleh hasil bahwa besarnya pengaruh kelompok referensi dan persepsi konsumen 0,647 atau sebesar 64,7% terhadap keputusan pembelian Sedangkan sisanya yaitu 35,3 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain