Text
Peran promosi melalui media sosial Instagram dalam peningkatan penjualan pada online shop Yudstore
Penggunaan media sosial sangat menunjang kebutuhan akan promosi para penjual online sehingga produk yang dipromosikan dapat cepat sampai kepada para konsumen secara online Instagram memiliki fitur-fitur promosi diantaranya instastories, endorse, hashtag, dan caption. Dengan fitur-fitur tersebut instagram mampu membantu produsen memasarkan produknya di media sosial. Sehingga akan membantu dalam peningkatan penjualan. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana promosi melalui media sosial instagram pada online shop Yudstore? (2) Bagaimana Penjualan pada Online Shop Yudstore? (3) Bagaimana peran promosi melalui media sosial instagram dalam peningkatan penjualan pada online shop Yudstore?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan untuk memenuhi keabsahan data, maka peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi
Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Promosi melalui instagram stories cukup menarik bagi reseller Yudstore karena mengikuti trend masa kini dan ready stock Yudstore tidak endorse selebgram. Hashtag sangat membantu dalam pencarian produk yang akan dibeli yang kemudian akan dijual kembali oleh reseller Penggunaan caption real pict mampu mendapatkan respon yang positif baik dari konsumen maupun reseller Yudstore. 2) Penjualan pada Yudstore sudah mencapai tujuan penjualan yang meliputi: dari peningkatan volume penjualan yang melebihi target, keuntungan yang diluar ekspektasi karena produk yang dijual tergolong murah sehingga membuat keuntungan yang lebih besar dan tujuan terakhir pertumbuhan perusahaan yang dapat dilihat dari jumlah followers Instagram yang terus meningkat (3) Dalam meningkatkan penjualan dengan personal selling Yudstore berusaha menjalin keakraban melalui pendekatan dari hati ke hati. Penggunaan mass selling, Yudstore membuatkan grup pribadi pada media sosial instagram yang di khususkan bagi reseller dan pelanggan tetap saja. Periklanan yang sering digunakan konsumen maupun reseller yakni instagram. Penerapan publisitas yang digunakan Yudstore yakni penggunaan deskripsi mengenai detail produk yang dicantumkan oleh Yudstore pada gambar. Promosi penjualan, harga promo dan grosir dan ternyata dirasa kurang dapat menarik konsumen Yudstore. Public relation, persepsi konsumen dan reseller terhadap produk yang dijual Yudstore cukup baik Direct marketing, konsumen dan reseller Yudstore mengetahui produknya dari promosi yang dilakukan pada instagram.
Tidak tersedia versi lain