Text
Pengaruh produk dan lokasi terhadap keputusan pemilihan objek wisata pantai (studi pada wisata Pantai Gemah Tulungagung)
Industri pariwisata saat ini dianggap sebagai industri yang paling pesat
perkembangannya, pariwisata memiliki peran strategis dalam perekonomian masyarakat di berbagai daerah wisata. Salah satu kontribusi penting dari perkembangan pariwisata adalah peningkatan devisa dan perluasan lapangan kerja. Begitu pentingnya peran pariwisata dalam pembangunan ekonomi, maka tidak menutup kemungkinan semua wilayah di Indonesia saling berkompetisi. Seperti menjual keindahan alamnya, keunikan budayanya, dan keramah-tamahan masyarakatnya untuk menarik minat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dari observasi awal yang ditemukan oleh peneliti di dapati data bahwa dari 50 responden yang melakukan keputusan pemilihan objek wisata Pantai Gemah Tulungagung karena produk dan lokasi yang ditawarkan.
Berdasarkan judul yang peneliti susun, pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan pada penelitian kuantitatif disini, dengan menggunakan jenis penelitian causalitas dengan analisa deskriptif kuantitatif, yaitu dengan maksud untuk mencari pengaruh antara variabel independent dengan variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini menggunakan populasi tak terhingga sedangkan sampel dari penelitian ini berjumlah 349 orang.
Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y 16,846+0,171X, +0,230X2. Berdasarkan hasil uji statistik F pada tabel 4.21, nilai F sebesar 464,249 dengan probabilitas signifikansi yang menunjukkan nilai 0,000, dapat disimpulkan variabel produk dan lokasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan. Sedangkan berdasarkan hasil uji T terhadap variabel Produk (X₁) dan Lokasi (X2) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata/signifikan variabel Produk (X1) dan Lokasi (X2) terhadap Keputusan Pemilihan (Y). Sedangkan nilai R (R Square) yaitu sebesar 0,729. Hal ini berarti 72,9% keputusan pemilihan dapat dijelaskan oleh produk dan lokasi, sedangkan sisanya yaitu 21,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu harga, promosi, orang, bukti fisik, dan proses
Tidak tersedia versi lain